Perjalanan ke Negeri Tirai Bambu bersama Team Guru Favorit Jambi Ekspres 2015



HANGZHOU KOTA YANG ROMANTIS
Hangzhou itu kota yang romantis,
Sepanjang perjalanan di kota ini rasanya
mata dimanjakan, jalanannya bersih,
di sisi kanan jalan terdapat danau west lake
dengan panorama yang indah dan syahdu,
juga daerah untuk pejalan kaki yang teduh.




Sudah 10 hari  (11 – 21 Oktober 2015) aku dan teman-teman Guru Favorit Jambi Ekspres menghabiskan waktu di negeri Tirai Bambu. Di kota Shanghai rombongan kami melakukan kunjungan ke TV Tower (second ball), toko bambu, dan Konsulat General of the Republic of Indonesia Shanghai dan dinner bersama ibu Kenssy D. Eka Ningsih. Kota Shanghai dengan jumlah penduduk 2.400.000 jiwa, dimana terdapat sekolah favorit yaitu Shanghai Community International School. Di Shanghai rombongan juga melakukan kunjungan ke toko mutiara dan giok milik pemerintah RRC, Yuyuan Garden, dan malamnya Mrs. Zhu Zhu (cucu) sebagai guide mengajak dinner di atas kapal Indus Ustrial Trust. Sungguh fantastis pemandangan malam hari di kota Shanghai,,,, senang hati aja, ujar cucu.
Hari Rabu, 14 Oktober 2015 jam 9,00 ceck out Shanghai Xin Changjiang Hotel bertolak menuju Suzhou yang disebut dengan kota sutera karena di Suzhou ini menghasilkan kain sutera. Rombongan juga melakukan kunjungan ke Number One High School Suzhou dan ceck in di Suzhou Wanyue Holiday Hotel.
Keesokan harinya kami menuju Hangzhou ditemani oleh Mrs. Zhou Min (sindy). Hangzhou merupakan kota paling indah di negeri Tirai Bambu, berlokasi 180 km dari Shanghai, perjalanan dilakukan selama 3 jam dari Suzhou menuju Hangzhou. Sebagai salah satu ikon juga landmark kebanggaan bagi kalangan penduduk di kota Hangzhou yang terkenal akan keindahan danau barat (west lake). Keberadaan West Lake dikelilingi perbukitan di tiga sisi dan meliputi area sekitar 6 km2, juga terdapat situs-situs warisan seperti Pagoda Pai Su Chen (siluman ular putih), serta produk budaya yang terkenal yaitu teh Longjing. Pemandangan di West Lake ini benar-benar bikin mata adem, angin similir, pohon-pohon rindang, dimana bisa melihat Pagoda dan hilir mudik kapal-kapal kuno yang memuat penumpang yang mau keliling danau. Yuefei Temple merupakan salah satu tempat wisata di Hangzhou. Tempat ini merupakan persemayam jenderal Yue Fei yang tewas akibat difitnah dan dihukum mati walaupun sebenarnya dia tidak bersalah. Setelah berkeliling di West Lake dan Yuefei Temple rombongan menuju perkebunan teh milik pemerintah Hangzhou. Hawa sejuk kebun teh, pegunungan dan bukit yang asri dan indah membawa suasana hati yang damai. Rombongan digiring ke ruangan untuk belajar tentang seluk beluk dan riwayat teh  hijau. Kami dikasih percobaan, dimana oksidan dimasukkan ke air dan beras, lalu air dan beras jadi kotor dan keruh. Setelah dicampuri green tea, maka air dan beras itu airnya perlahan-lahan jadi cerah kembali. Rahasia langsing dan panjang umur orang Hangzhou adalah Green Tea ini. Setelah dari perkebunan teh rombongan ceck in Hangzhou Ruigi International Hotel.
Hari Jumat, 16 Oktober 2015 rombongan melakukan kunjungan ke Hangzhou Xuejiu High School. Terdapat 1.700 siswa yang melakukan kegiatan PBM di sekolah ini. Siswa di sekolah ini dipilih dari siswa terbaik yang dilihat dari hasil ujian sekolah sebelumnya. Setiap hari siswa di sekolah ini wajib olah raga. Sekolah ini lebih mementingkan siswa sehat baru prestasi dalam kegiatan PBM, di samping 30 kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa. Sekolah Hangzhou Xuejiu High School sudah berdiri selama 60 tahun, Kegiatan PBM dilaksanakan dari hari Senin sampai Jumat. Siang hari siswa belajar dari jam 7.20 – 17.20, dan malam harinya dari pukul 18.00 – 21.00. Sekolah ini sudah menyebar di seluruh dunia sebanyak 56 sekolah, seperti di Amerika dsb. Guru yang mengajar sering sharing dengan guru di luar negeri dan kualitas gurunya sangat baik. Semua guru harus tinggal di perumahan guru pada lokasi tertentu.
Hari Sabtu, 17 Oktober 2015 jam 08.30 rombongan Guru Favorit Jambi Ekspres menuju ibu kota negara China, yaitu Beijing dengan menggunakan Bullet Train (kereta cepat) dengan kecepatan 306 km/jam jarak tempuh, 5,5 jam. Di kota Beijing ini rombongan mengunjungi Tian an Men Square, Forbidden City, toko giok milik pemerintah Beijing, Juyongguan Great Wall yang fantastis, toko abat-obatan, dan malam harinya nonton acrobatic show. Tanggal 18 Oktober keesokannya rombongan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bersama bapak Prianto, terakhir visit Middle School no.39.
Finally...bye2 China....Thanks for all the memories that happened there. Terharu juga bisa travelling ke China, kota kenangan ini. Hope that all my writings can help you all.



Related

Pendidikan 1024598364953451377

Posting Komentar

emo-but-icon

My Photos

SMAN 2 Sungai Penuh

Recent

Comments

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Flag Counter
kemdikbud disdik
item