RPP Matematika Kelas XI IPA - Peluang

https://ibugurususi.blogspot.com/2016/12/rpp-matematika-kelas-xi-ipa-peluang.html
PEMERINTAH KOTA SUNGAI PENUH
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH
KECAMATAN PONDOK TINGGI
Web : www.sma2sungaipenuh.sch.id Email : Smanduas@yahoo.com
Alamat : Jl. Depati Parbo Kota Sungai Penuh Kode Pos : 37114 Telepon : (0748) 21390
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI IPA/2 (dua)
Alokasi Waktu : 7 x 45’
Standar Kompetensi :
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.
Indikator :
Menemukan konsep pencacahan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan aturan perkalian.
2. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan faktorial.
3. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan permutasi.
4. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan kombinasi.
B. Karakter
1. Kejujuran
2. Kerja keras
3. Kreatif
4. Rasa ingin tahu
5. Tanggung jawab
6. Komunikatif
7. Kerjasama
C. Materi Pokok
Peluang Suatu Kejadian
D. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan materi peluang suatu kejadian yang akan
dipelajari dan bertanya kepada siswa tentang peluang.
b. Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menekankan pentingnya materi ini dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Guru menyampaikan informasi dan tanya jawab mengenai kaidah pencacahan.
2) Guru melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang topik yang dipelajari.
3) Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
b. Elaborasi
1) Guru membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru mengarahkan siswa untuk dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan aturan perkalian, faktorisasi, permutasi, dan kombinasi.
3) Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
4) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
5) Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual.
c. Konfirmasi
1) Guru dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b. Guru memberikan pekerjaan rumah uji kompetensi di LKS.
F. Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas XI SMA Penerbit Kemendikbud RI dan referensi lain yang relevan.
2. LKS.
3. Papan tulis dan spidol
4. Laptop, infokus dan laserpen.
G. Penilaian
1. Jenis
a. Diskusi.
b. Tugas individu.
c. Uji kompetensi.
d. Ulangan harian.
2. Bentuk instrumen
a. Laporan kegiatan.
b. Tes tertulis uraian.
3. Instrumen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Sungai Penuh
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI IPA/2 (dua)
Alokasi Waktu : 7 x 45’
Standar Kompetensi :
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan.
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.
Indikator :
Menentukan peluang suatu kejadian.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Menentukan konsep ruang sampel suatu percobaan.
2. Menentukan peluang suatu percobaan.
3. Menentukan frekuensi harapan suatu percobaan.
4. Menentukan peluang kejadian majemuk suatu percobaan.
B. Karakter
1. Kejujuran
2. Kerja keras
3. Kreatif
4. Rasa ingin tahu
5. Tanggung jawab
6. Komunikatif
7. Kerjasama
C. Materi Pokok
Peluang Suatu Kejadian
D. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan materi peluang suatu kejadian yang akan
dipelajari dan bertanya kepada siswa tentang peluang.
b. Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menekankan pentingnya materi ini dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Guru menyampaikan informasi dan tanya jawab mengenai peluang suatu
kejadian.
2) Guru melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang topik yang dipelajari.
3) Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain.
4) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
b. Elaborasi
1) Guru membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru mengarahkan siswa untuk dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan peluang suatu kejadian.
3) Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
4) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
5) Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual.
c. Konfirmasi
1) Guru dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b. Guru memberikan pekerjaan rumah uji kompetensi di LKS.
F. Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas XI SMA Penerbit Kemendikbud RI dan referensi lain yang relevan.
2. LKS.
3. Papan tulis dan spidol
4. Laptop, infokus dan laserpen.
G. Penilaian
1. Jenis
a. Diskusi.
b. Tugas individu.
c. Uji kompetensi.
d. Ulangan.
2. Bentuk instrumen
a. Laporan kegiatan.
b. Tes tertulis uraian.
3. Instrumen