RPP Matematika Kelas X SMA - Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
https://ibugurususi.blogspot.com/2017/01/rpp-matematika-kelas-x-sma-sistem_2.html
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
X/1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 45’
Standar Kompetensi
3.
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem
persamaan linear dan
pertidaksamaan satu variabel
Kompetensi Dasar
3.1
Menyelesaikan sistem persamaan
linear dan sistem
persamaan campuran
linear dan kuadrat dalam dua variabel
Indikator
Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear tiga variabel
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear tiga variabel.
B. Karakter
Jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif,
tanggung jawab, komunikatif, kerjasama.
C. Materi Pokok
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
D. Metode
Pembelajaran
1.
Informasi
2. Tanya
jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Guru
membuka pelajaran dengan
mengenalkan materi SPLTV yang
akan dipelajari dan bertanya kepada siswa
tentang sistem persamaan linear.
b.
Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menekankan pentingnya materi ini dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Guru
menyampaikan informasi dan tanya jawab mengenai SPLTV.
2) Guru melibatkan siswa
mencari informasi yang
luas tentang topik yang dipelajari.
3) Guru menggunakan
beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara guru
dengan siswa, siswa dengan siswa,
lingkungan dan sumber belajar lainnya.
b. Elaborasi
1) Guru
membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru memfasilitasi siswa
melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis.
3) Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut.
4) Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan
hasil kerja individual.
c. Konfirmasi
1) Guru
dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar
yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b.
Guru memberikan pekerjaan rumah.
F.
Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas X
SMA Penerbit Yudhistira dan referensi lain yang relevan.
2. LKS.
3.
Papan tulis dan spidol
4. Laptop, infokus dan laserpen.
G. Penilaian
1. Jenis
a. Diskusi.
b. Tugas individu.
b. Uji
kompetensi.
c. Ulangan
harian.
- Bentuk instrumen
a. Laporan
kegiatan.
b. Tes tertulis uraian.
3. Instrument