RPP Matematika Kelas X SMA - Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan     :   SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran           :   Matematika
Kelas/Semester          :   X/1 (satu)
Alokasi Waktu           :   4 x 45’

Standar Kompetensi 
3.   Memecahkan  masalah  yang   berkaitan  dengan  sistem  persamaan  linear  dan  pertidaksamaan satu variabel
Kompetensi Dasar      
3.1   Menyelesaikan  sistem  persamaan  linear  dan  sistem   persamaan   campuran 
        linear dan kuadrat dalam dua variabel
Indikator                 
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel 

A.  Tujuan Pembelajaran
      Setelah melakukan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
      Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel 

B.  Karakter
Jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, komunikatif, kerjasama.

C.  Materi Pokok
      Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)


D.  Metode Pembelajaran
1. Informasi                   
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan

E.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
            a.  Apersepsi
Guru   membuka  pelajaran   dengan   mengenalkan   materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang   akan dipelajari dan bertanya kepada siswa tentang persamaan linear dua variabel.
            b.  Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  dan  menekankan  pentingnya  materi ini dalam kehidupan sehari-hari.
      2.   Kegiatan Inti 
            a.  Eksplorasi
1)  Guru menyampaikan informasi dan tanya jawab  mengenai sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).
2)   Guru melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang topik yang dipelajari.    
3)  Guru   menggunakan  beragam  pendekatan   pembelajaran,  media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
 4) Guru memfasilitasi terjadinya  interaksi antara  guru  dengan siswa,  siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
            b.  Elaborasi
1)  Guru  membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
4)  Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual.
            c.  Konfirmasi
1)  Guru dan siswa mengevaluasi  dan melakukan  pembahasan  terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan  kesalahpahaman,  memberikan  penguatan,  serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi siswa  melakukan  refleksi  untuk  memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

3.   Kegiatan Penutup
a.   Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b.   Guru memberikan pekerjaan rumah.

F.  Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas X SMA Penerbit Yudhistira dan referensi lain yang relevan.
2.   LKS.
3.   Papan tulis dan spidol
4.   Laptop, infokus dan laserpen.

G.  Penilaian
1.   Jenis          
      a.  Diskusi.
b.  Tugas individu.
c.  Uji kompetensi.
d.  Ulangan harian.
  1. Bentuk instrumen       
a.   Laporan kegiatan.  
b.   Tes tertulis uraian.
3.   Instrument

Related

RPP 9150440232112720833

Posting Komentar

emo-but-icon

My Photos

SMAN 2 Sungai Penuh

Recent

Comments

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Flag Counter
kemdikbud disdik
item