RPP Matematika Kelas X SMA - Pertidaksamaan Pecahan
https://ibugurususi.blogspot.com/2017/01/rpp-matematika-kelas-x-sma_2.html
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
X/1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 45’
Standar Kompetensi
3.
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem
persamaan linear dan
pertidaksamaan satu variabel
Kompetensi Dasar
3.2 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel
yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
Indikator
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan pecahan.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan pecahan.
B. Karakter
Jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, komunikatif, kerjasama.
C. Materi Pokok
Pertidaksamaan Pecahan
D. Metode Pembelajaran
1.
Informasi
2. Tanya
jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Apersepsi
Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan
materi pertidaksamaan pecahan yang akan dipelajari dan meminta siswa menjelaskan pengertian pecahan.
b.
Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menekankan pentingnya materi ini dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Guru menyampaikan informasi dan tanya jawab mengenai pertidaksamaan pecahan.
2) Guru melibatkan
siswa mencari informasi
yang luas tentang
topik yang
dipelajari.
3) Guru
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber
belajar lainnya.
b. Elaborasi
1) Guru
membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru memfasilitasi siswa
melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis.
3) Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut.
4) Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan
hasil kerja individual.
c. Konfirmasi
1) Guru
dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar
yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b.
Guru memberikan pekerjaan rumah.
F.
Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas X
SMA Penerbit Yudhistira dan referensi lain yang relevan.
2. LKS.
3. Papan tulis dan spidol
4. Laptop, infokus dan laserpen.
G. Penilaian
1. Jenis
a.
Diskusi.
b. Tugas individu.
c. Uji kompetensi.
d. Ulangan harian.
- Bentuk instrumen
a. Laporan
kegiatan.
b. Tes tertulis uraian.
3. Instrument
Terima kasih RPP matematika wajib dari Ibu Susi SR semoga banyak manfaatnya.
BalasHapus