RPP Matematika Kelas X SMA - Pertidaksamaan Pecahan



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan     :   SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran           :   Matematika
Kelas/Semester          :   X/1 (satu)
Alokasi Waktu           :   2 x 45’

Standar Kompetensi 
3.   Memecahkan  masalah  yang   berkaitan  dengan  sistem  persamaan  linear  dan  pertidaksamaan satu variabel
Kompetensi Dasar      
3.2  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
Indikator                 
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan pecahan.

A.  Tujuan Pembelajaran
      Setelah melakukan pembelajaran, siswa diharapkan dapat: 
      Menentukan penyelesaian pertidaksamaan pecahan.

B.  Karakter
Jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, komunikatif, kerjasama.

C.  Materi Pokok 
      Pertidaksamaan Pecahan 


D.  Metode Pembelajaran
1. Informasi                   
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan

E.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
            a.  Apersepsi
Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan materi pertidaksamaan pecahan yang akan dipelajari dan meminta siswa menjelaskan pengertian pecahan.  
            b.  Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menekankan pentingnya   materi ini dalam kehidupan sehari-hari.
       2.   Kegiatan Inti 
            a.  Eksplorasi
  1)  Guru menyampaikan informasi dan  tanya  jawab  mengenai  pertidaksamaan pecahan.
          2)  Guru melibatkan  siswa  mencari  informasi  yang  luas  tentang  topik                        yang dipelajari.
 3) Guru  menggunakan  beragam  pendekatan   pembelajaran,  media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
 4) Guru memfasilitasi terjadinya  interaksi antara  guru dengan siswa,  siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
            b.  Elaborasi
1)  Guru  membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
4)  Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual.
            c.  Konfirmasi
1)  Guru  dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru  meluruskan  kesalahpahaman,  memberikan  penguatan,  serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi  siswa  melakukan  refleksi  untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3.   Kegiatan Penutup
a.   Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b.   Guru memberikan pekerjaan rumah.

F.  Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas X SMA Penerbit Yudhistira dan referensi lain yang relevan.
2.   LKS.
3.   Papan tulis dan spidol
4.   Laptop, infokus dan laserpen.

G.  Penilaian
1.   Jenis          
      a.  Diskusi.
b.  Tugas individu.
c.  Uji kompetensi.
d.  Ulangan harian.
  1. Bentuk instrumen       
a.   Laporan kegiatan.  
b.   Tes tertulis uraian.
3.   Instrument


     

Related

RPP 2367489286475341675

Posting Komentar

emo-but-icon

My Photos

SMAN 2 Sungai Penuh

Recent

Comments

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Flag Counter
kemdikbud disdik
item